Monday, March 23, 2009

Beralih Dari Ikan Air Tawar Ke Ikan Air Laut

Fish Lover, anda tertarik dengan keindahan yang dihadirkan kehidupan ikan air laut dibanding dengan ikan air tawar?
Sering kita mendengar bahwa memelihara ikan air laut sangat repot dan lebih susah dibanding memelihara ikan air tawar. Pandangan tersebut tidaklah benar, mungkin benar bagi mereka yang mengerti dan kurang melakukan persiapan yang benar.
Bila pemahaman dan persiapan mengenai memelihara ikan air laut sudah cukup, maka semuanya akan terasa mudah dan sangat mengasikan.
Sebagai contoh, tahukan anda bahwa air tawar lebih mudah kotor dan berlumut dibanding air laut?Air dalam aquarium air laut akan selalu terlihat bening walaupun tidak pernah kita ganti, hanya kaca-kacanya saja yang akan terdapat lumut akibat dari cahaya lampu yang kita pakai.

Beberapa langkah awal yang perlu dilakukan sebelum anda beralih hobby dari ikan air tawar ke ikan air laut :
  1. Konsultasikan terlebih dahulu dengan akuaris berpengalaman yang mau memberikan berbagai informasi, tips, dan problem yang mungkin ditemui pada saat memulai.
  2. Carilah referensi sebanyak mungkin dari buku, majalah maupun situs internet seperti ini.
  3. Pertimbangkan kemampuan finansial sebelum memutuskan bentuk dan isi aquarium. Apakah hanya memelihara ikan saja, koral saja atau keduanya. Apakah ikan yang harganya lebih murah atau yang lebih mahal. Tanyakan pula jenis-jenis ikan yang bisa bergabung dalam satu aquarium karena tidak semua jenis ikan laut dapat disatukan dalam satu aquarium, dalam laut terdapat ikan predator yang bisa memangsa jenis ikan yang lebih lemah.
  4. Pertimbangkan lokasi tempat aquarium karena berkaitan dengan suhu air dalam aquarium. Namun hal ini dapat diatasi dengan pemakaian pendingin suhu air (chiller) yang harganya relatif mahal.
  5. Salah satu kunci sukses memelihara ikan air laut adalah ukuran dan bentuk aquarium, hal ini tidak terlalu dipentingkan pada pemeliharaan ikan air tawar. Ukuran aquarium ikan air laut harus memenuhi ukuran minimum yang bisa digunakan, ini berkaitan dengan volume air laut yang dibutuhkan agar bakteri penyakit tidak mudah menjangkiti ikan.

No comments: