Thursday, June 25, 2009

JERNIH TIDAK BERARTI BERSIH


Berbeda dengan akuarium air tawar, kejernihan air akuarium air laut belum menandakan kualitas air tersebut baik. Artinya, air jernih tidak berarti bersih. Pengertian bersih untuk akuarium air laut bukan hanya dilihat secara visual saja, tetapi perlu dilihat parameter-parameter air yang akan mendukung kehidupan makluk penghuni akuarium.

Selesai menyiapkan akuarium dan lampu, langkah selanjutnya adalah memikirkan pemakaian sump. Sump berfungsi sebagai reservoir yang memudahkan penggantian air serta mempertahankan level permukaan air di akuarium. Selain itu, sump akan mengolah air yang mengandung sisa-sisa metabolisme. Air yang sudah diolah dipompakan kembali ke akuarium dengan sejumlah parameter air yang sudah jauh lebih baik dan bersih. Bersih disini artinya bersih secara visual dan biologis.

Menjernihkan air dari akuarium diawali dengan mengalirkan air melalui filter mekanis. Filter ini terdiri dari busa untuk menyaring kotoran dan partikel kasat mata. Setelah lolos dari filter, besar kemungkinan air tersebut sudah jernih, tetapi belum tentu sehat. Oleh karena itu, air tersebut masih perlu diolah lebih lanjut dengan memakai filtrasi biologi.


3 comments:

sanman said...

bagus bro...
gambar gambar ikan serta karangnya benar2 bagus...
dapat dari mana bro?
ditambah lagi gambar2 kerennya biar makin indah...

andri said...

ada yang bisa bantu saya tidak,,kenapa air di aquarium laut saya selalu keruh ya,padahal saya sudah ganti air sampai berulang kali setiap keruh,,tetapi pasti keruh kembali dan mengeluarkan bau yg tidak sedap,,memang sih saya pemula dalam memelihara aquarium laut,,,ada tidak cairan atau bubuk yg bisa menjernihkan air laut,,(ukuran aquarium saya memang kecil yaitu 40x25cm) untuk info saja saya sudah isikan 10 ekor ikan rata-rata 5 cm ukuran ikannya,1 anemonjagung,1 terumbu karang,,dan 2 ekor udang)...karena saya pemula ada yg bisa kasih saya tips untuk memelihara ikan laut yg bisa bertahan lama dgn ukuran aquarium diatas dan kira kira peralatan apa saja yg menunjang,,(saya senang ukuran kecil karena memang saya suka ukurannya),,,,sebelumnya terima kasih banyak
andriyana (andriyana_b6793bhk@yahoo.co.id)

Anonymous said...

astaga 10 ekor dalamjj aqua 40x25..... itu overload namanya. saya aja pake 60x40x40 cuma bikin 4 ikan kecil. air keruh bisa aja dari anemon yg sekarat. yah kalo mau bermain di ukuran nano paling tidak max 2 ekor ikan kecil aja + karang + pasir. saya juga punya yg ukr 40x30x25 itu isinya 1 clown dan 1 ikan cantik aj. gak berani banyak2. bayangkan saja 10 ekor ikan ee dan kencing di aqua kecil yah amonia dan nitrintya meningkat. gampang mati. perlu skimmer. perlu cycling sebelum mulai +- 2-4 bulan. dan perlu banyak2 baca. he he