Saturday, June 27, 2009

NEMO BERKEMBANG BIAK

















Bagi Anda penggemar ikan hias laut yang biasa disebut clownfish atau nemo, pernahkah ikan Anda sampai berkembang biak?
Saya mengalaminya di akuarium air laut dirumah. Kebetulan saya mempunyai sepasang clownfish yang bisa berkembang biak sampai bertelur dan menetas. Clownfish yang berkelamin jantan adalah clownfish dari kepulauan seribu sedangkan clownfish betina adalah jenis clownfish Irian yang sekarang sudah jarang ada di pasaran. Clownfish Irian berbeda warna dengan clownfish pada umumnya. Pada bagian badan yang berwarna orange di clownfish biasa, di clownfish Irian berwarna hitam.

Clownfish tersebut selalu bertelur setiap dua minggu sekali, sayang saya hanya bisa sampai pada tahap menetas seperti yang terlihat pada gambar. Selanjutnya beberapa hari menetas, anak-anak clownfish yang masih menempel pada media bertelur itu pun hilang entah kemana. Mungkin dimakan oleh induknya ataupun oleh ikan jenis lain.

Tapi, yang pasti sekitar setiap dua minggu sekali clownfish tersebut bertelur lagi dan menetas dan kemudian hilang kembali. Mungkin perlu pengelompokan antar sesama clownfish, tidak bercampur dengan ikan jenis lain pada akuarium yang sama.

No comments: