Friday, June 26, 2009

Siklus Nitrogen

Pengolahan air memakai filrasi biologi terkait erat dengan siklus nitrogen (nitrogen cycle). Pengetahuan tentang siklus nitrogen yang berlangsung pada ekosistem akuarium air laut layak diketahui. Sisa metabolisme ikan, koral, invertebrate dan sisa pakan akan diolah oleh microcrustacea, nematode, fungi dan protozoa menjadi amoniak (NH3). Amoniak beracun bagi penghuni akuarium.
Untunglah kehadiran amoniak tersebut mengundang kehidupan lain seperti bakteri aerobic yang bertugas menguraikan amoniak menjadi nitrit (NO2) dan nitrat (NO3). Bakteri aerobic membutuhkan oksigen untuk menjalankan fungsinya tersebut. Nitrit sangat beracun bagi ikan dank oral, sementara nitrat tidak beracun. Namun, kadar nitrat yang terlalu tinggi di air tetap perlu dihindari. Kadar nitrat diatas 20 mg/liter air memancing kehadiran berbagai jenis microalgae yang merusak keindahan akuarium.
Kelompok bakteri lain yang menguntungkan disebut bakteri anaerob yang mengubah nitrat menjadi nitrogen dan oksigen. Tidak seperti bakteri aerob, kelompok bakteri anaerob hidup dalam kondisi rendah oksigen.


Dalam tahap ini, siklus nitrogen sudah berlangsung. Permasalahan muncul saat tidak ada keseimbangan dalam siklus. Misalnya, ada beberapa tempat di akuarium yang tidak cukup melimpah oksigen sehingga bakteri aerob tidak dapat berkembang biak dalam jumlah yang cukup pada siklus nitrogen. Sebaliknya, bila tidak ada area yang rendah oksigen sehingga populasi bakteri anaerob tidak mampu mengolah nitrat maka akan terjadi kondisi new tank syndrome. Pada kondisi tersebut akuarium dipenuhi berbagai jenis ganggang dan lumut yang mengganggu keindahan. Tingginya bioload karena ketidakseimbangan siklus nitrogen akan menurunkan kualitas air dan menyebabkan kehadiran berbagai penyakit.

Ketidakseimbangan ekosistem paling sering dialami para akuaris pemula karena ada kecenderungan untuk mengisi akuarium dengan berbagai spesies hingga overcrowded, begitu pula akibat pemberian pakan yang berlebihan.
Kesalahan lain ialah para akuaris pemula ingin cepat-cepat mengisi akuarium, padahal sebelum siklus nitrogen berlangsung stabil, akuarium belum dapat diisi spesies ikan, koral dan invertebrata lain. Proses siklus nitrogen menyita waktu 2-8 minggu. Itulah alasan kenapa akuarius air laut pemula selalu dilanda stress setiap hari dengan kematian ikan dan koral.

2 comments:

nonong said...

mohon penjelasan, bakteri pengurai amonia dalam aquarium tersebut hidup dalam air aquarium atau hidup di filter

Widi Restu said...

ijin Copas ya., buat tugas.. bagus nih..
mampir di blog ane juga ya,, artikel tentang perikanan lainnya.. http://goresanpenaseru.blogspot.com/