Tuesday, June 23, 2009

Ukuran dan Bentuk Akuarium

Salah satu kesalahan awal dari akuaris air laut pemula adalah memilih ukuran dan bentuk akuarium. Lingkungan artificial untuk penghuni laut dangkal tidaklah sama dengan ikan hias air tawar. Harus diingat, yang hadir adalah sebuah miniature kehidupan laut tropis dangkal. Spesies koral dan ikan hias air laut tidak bertahan lama seandainya tidak memiliki lingkungan seperti di habitat asli. Tentu saja tidak mungkin menghadirkan akuarium yang 100% mirip habitat asli. Namun pemakaian aksesoris yang tepat mampu menciptakan lingkungan artificial yang dapat membuat spesies-spesies tersebut mudah beradaptasi.

Ada aturan memilih ukuran dan bentuk akuarium air laut. Semakin kecil ukuran akuarium maka akan semakin kecil volume air laut yang tertampung. Semakin sedikit volume air akuarium maka akan semakin sulit mempertahankan kualitas air untuk mendukung lingkungan penghuni akuarium.


Semakin banyak penghuni akuarium yang dipelihara dalam akuarium berukuran kecil maka semakin banyak masalah yang muncul. Oleh karena itu, hindari penumpukan spesies (overcrowded) yang dapat berakibat melemahnya daya dukung ekosistem akuarium air laut.
Bagi akuaris pemula, sangat disarankan untuk memulainya dengan akuarium ukuran besar bervolume minimal 200-400 liter air. Pertimbangan bahwa akuaris pemula harus memulai dengan sesuatu yang kecil tidak berlaku untuk hobi ini. Apalagi mengingat ada kecenderungan akuaris pemula akan memenuhi akuarium kecilnya dengan segala macam spesies yang menarik perhatiannya.

Bentuk akuarium beragam. Untuk akuarium air laut, pilihlah bentuk persegi panjang. Bentuk persegi panjang lebih baik dibanding bujur sangkar. Pasalnya, pencahayaan lampu TL akan maksimal menembus hingga ke dasar akuarium. Jangan lupa pertimbangkan ukuran lampu TL berdasarkan ukuran panjang akuarium. Cahaya sangat penting agar mudah menjangkau seluruh sudut akuarium.
Akuarium dapat ditopang dengan lemari khusus yang berfungsi menyembunyikan berbagai aksesoris pendukung. Hindari penggunaan bingkai akuarium dari bahan besi karena mudah menimbulkan korosi atau karatan.



1 comment:

Anonymous said...

bagus...
isinya menarik, apalagi gambar2nya...