Tuesday, July 21, 2009

Memilih Dan Merawat Karang Hidup

Karang hidup mengandung berbagai jenis kehidupan di dalamnya seperti sponge dan cacing kipas kecil. Oleh karena itu, karang hidup perlu dicermati pada saat pemilihan, pengangkutan, perlakuan setiba di rumah dan perawatan di akuarium.

Saat dibeli, karang hidup dipilih yang masih penuh dengan coralline algae yang warnyanya cerah. Idealnya, karang hidup bercela banyak atau berpori-pori. Bentuk dan besarnya dapat disesuaikan dengan ukuran akuarium.

Saat diangkut, karang hidup harus tetap terendam air laut tetapi tentunya tidak bisa dibawa dengan kantong plastic. Ini disebabkan terdapat bagian karang yang tajam sehingga dapat membuat kantong bocor. Cara lain membawa karang hidup adalah memakai Styrofoam atau wadah plastic tertutup seperti ember yang sebelumnya sudah diisi air laut. Air laut tidak perlu penuh, cukup karang hidup sudah terendam seluruhnya.

Bila terpaksa membawa tanpa terendam air laut, maka gunakan kertas koran yang sudah dibasahi air laut untuk membungkus karang hidup tersebut, dan segeralah pulang kerumah agar karang hidup tidak terlalu lama tanpa terendam air karena sebagian organisme yang hidup di karang tersebut akan mati dan nantinya akan mengurangi kualitas air di akuarium bila karang tersebut dimasukkan ke dalam akuarium.

Amati dengan cermat kehadiran hama aiptasia anemones. Hama yang dikenal sebagai glass anemone tersebut memiliki tentakel beracun yang sanggup membunuh koral dan kima. Bentuknya seperti anemone, tetapi berukuran kecil dan berkembang biak dengan sangat cepat.

Bagi kebanyakan akuaris pemula, karang-karang hidup di akuarium cepat atau lambat akan tertutupi oleh ganggang hijau dan coklat kemerahan. Hal ini pertanda bahwa kualitas air akuarium buruk atau terdapat penumpukan kotoran ikan dan sisa-sisa pakan diatas karang. Bila hal tersebut benar-benar terjadi, karang-karang hidup perlu dibersihkan dengan sikat halus seperti sikat gigi hingga microalgae tampak bersih. Cara ini dilakukan saat dilakukan penggantian air agar microalgae yang terlepas dapat langsung disedot keluar. Celah-celah karang hidup juga perlu dibersihkan dengan cara disedot saat penggantian air.