Monday, July 13, 2009

Cara Mengatasi Penguapan Air Laut Di Akuarium

Biasanya dalam hitungan hari air laut yang berada di dalam akuarium sering berkurang dikarenakan penguapan. Berkurangnya air laut tersebut pada setiap akuarium tidak sama, hal ini tergantung kepada volume air yang ada pada akuarium masing-masing, penggunaan lampu yang bervariasi ataupun letak akuarium apakah di tempat yang mudah membuat terjadi penguapan atau tidak.
Untuk menambahkan air agar volume air kembali normal, sebaiknya jangan ditambahkan dengan air laut kembali. Hal ini dikarenakan air laut di akuarium yang menguap akan membuat kadar garam di dalam air akuarium meningkat akibat penguapan tersebut. Sehingga untuk menetralkan kembali kadar garam di akuarium, air yang ditambahkan cukup berupa air tawar yang telah diendapkan minimal satu malam ataupun yang lebih baik menggunakan air isi ulang yang harganya cukup murah. Dengan air minum isi ulang, minimal air tersebut sudah melalui proses penyulingan sehingga air dapat langsung dimasukkan ke dalam akuarium.

Proses ini sama seperti ekosistem yang terjadi di laut asli. Air laut di lautan bebas terjadi penguapan dikarenakan sinar matahari, kemudian dinetralkan oleh air hujan yang turun sehingga kadar garam di laut kembali normal dalam ambang batas yang sesuai dengan ekosistem di laut.

1 comment:

W.DHARMAWANT said...
This comment has been removed by the author.