Thursday, July 23, 2009

Tips Memilih Dan Membeli Spesies

Memilih dan membeli ikan hias, koral dan invertebrata sering dianggap sepele. Padahal sesungguhnya salah satu factor utama agar spesies yang dibeli mampun bertahan hidup di akuarium tergantung pada cara memilih spesies yang tepat dan sehat sebelum dibawa pulang ke rumah.

Spesies ikan hias yang tampak stress di akuarium penjual perlu dihindari. Perhatikan juga apakah ikan hias terjangkit penyakit seperti whitespot atau tubuh terdapat luka. Atau perhatikan apakah ikan tersebut tampak lesu yang menandakan kurang sehat atau sangat lincah. Selain itu, juga perlu ditanyakan lamanya ikan tersebut berada di akuarium penjual. Hal ini perlu dilakukan karena sebagian nelayan ikan hias menggunakan racun untuk menangkapnya di laut bebas. Racun tersebut memang tidak langsung membunuh ikan-ikan hingga sampai di tangan penjual. Namun bagaimanapun ikan-ikan tangkapan dengan racun akan menjadi tidak sehat dan kemungkinan tidak akan berumur panjang. Bila ikan pilihan sudah disiapkan, sebaiknya Anda meminta penjualnya untuk mengisinya dalam kantong plastik yang diberi oksigen baru sebelum dibawa pulang.


Khusus koral, Anda perlu mengamati kecerahan warna atau sudah mulai kehilangan zooxanthellae. Kebanyakan spesies koral LPS (Large Polyps Schleractinia) seperti karang daging dan kolang-kaling rentan terluka atau cacaat bila tubuhnya (bukan kerangkanya) disentuh langsung. Oleh karena itu, diingatkan kepada penjual untuk berhati-hati saat koral yang sudah dipilih akan dipindahakan ke dalam kantong plastic agar tidak melukainya apalagi bila koral diambil dengan penjepit. Lebih baik memilih koral yang telah mengembang di akuarium penjual daripada yang masih kuncup karena koral tersebut berarti mudah beradaptasi dengan lingkungan baru, sehingga bila di letakkan di akuarium kita nanti akan lebih cepat mengembang.

Beberapa koral tertentu seperti spesies sponge, akar bahar (gorgonian), dan kima (tridacna clams) tidak akan bertahan hidup bila berada terlalu lama di luar air. Lebih dari 30 detik saja akan berdampak buruk bagi koral. Oleh karena itu, pastikan bahwa koral yang dipilih segera dimasukkan ke dalam kantong plastic setelah diangkat dari akuarium penjual.