Tuesday, August 25, 2009

Anemone, Mudah Merawatnya

Melihat keindahan akuarium air laut mempunyai keasikan tersendiri. Segala kepenatan dan stress akibat aktivitas di luar rumah dapat terobati setelah pulang kerumah dan memandang akuarium air laut yang bersih dan indah dengan berbagai kehidupan di dalamnya.

Akuarium yang indah harus diisi oleh berbagai batu karang (live rock), koral, invertebrata dan ikan hias yang cukup. Akuarium yang terkesan kosong akan berkurang keindahannya, ikan hias saja tidak terasa cukup untuk memunculkan kesan indah. Untuk menghias akuarium dengan koral-koral yang lumayan banyak memerlukan biaya yang tidak sedikit, tergantung besarnya akuarium yang kita punya. Apalagi harga koral maupun tumbuh-tumbuhan laut lainnya saat ini relative lebih mahal dibanding beberapa waktu lalu.


Kendala lainnya adalah bagi akuaris air laut yang tidak memakai chiller untuk mendinginkan air, sehingga koral dan tanaman laut lainnya tidak dapat mengembang semaksimal mungkin karena koral-koral tersebut memerlukan suhu yang cukup dingin sekitar 25-26 derajat celcius untuk mekar. Bahkan untuk jenis koral tertentu, suhu sekitar 29-30 celcius akan membuatnya rontok sedikit demi sedikit dan akhirnya mati.

Salah satu cara untuk menyiasati agar akuarium yang tidak menggunakan chiller sebagai pelengkap adalah dengan memelihara anemone yang lebih mudah merawatnya. Anemone tidak memerlukan suhu air yang cukup dingin untuk membuatnya mengembang secara maksimal. Suhu sekitar 29-30 derajat celcius dapat membuatnya hidup dan mengembang dengan sangat maksimal. Keuntungan lain dari memelihara anemone adalah harganya yang relative murah sekitar Rp. 20.000 – 35.000. Dan kalau anemone sedang mengembang secara maksimal akan tampak sangat besar memenuhi daerah akuarium yang terkesan kosong. Bila terkena arus akan melambai-lambai dengan indahnya.

Ikan jenis clown pun akan dengan riangnya bermain-main di dalam anemone dan sekitarnya sehingga menambah keindahan dan keunikan tersendiri di dalam akuarium. Ikan-ikan jenis clown akan saling berkejaran dan seakan-akan saling bercanda di sekitar anemone dengan lucunya.

Dan yang terpenting adalah, merawat anemone sangatlah mudah. Kita dapat memberikan pakan berupa rebon beku ataupun udang kecil yang dimasukkan langsung ke dalam mulutnya, yang terdapat ditengah-tengah anemone tersebut. Waktu yang tepat untuk memberikan pakan adalah malam hari setelah lampu akuarium telah padam dan sebagian ikan-ikan telah tidur, karena bila tidak pakan-pakan tersebut akan direbut oleh ikan-ikan yang lain sebelum dimakan secara sempurna oleh anemone.

11 comments:

Anonymous said...

Siang om, saya punya anemone jagung dan karang piring, tetapi sering di gigit oleh ikan kepe gajah, apakah bisa menyebabkan anemone dan karang piring mati? bagaimana solusinya. Thanks

Anonymous said...

pagi,,
saya mau nanya,,
di medan harga anemon lautnya rada ngelambung om,,
per buahnya bisa nyampe 150an..
ntu wajar ga om ?

marizal saputra said...

ada yg tau gk di medan ada jual nemo?? bisa bagi info no.hp atau fb nya??tq

Anonymous said...

Klo d medan aku gak tau tpi klo di bandung ada toko khusus utk ikan laut di jl.peta

Anderson Persseus Andromeda Sianturi said...

D medan d jlan thamrin...

Gareng.. reng said...

ARTIKELNYA MANTAP GAN ... POSTINGNYA DITAMBAH LAGI DONK... MAKASIH YA GAN... OIYA SOB YANG PENGEN ARTIKEL UNIK DAN FOTO FOTO TERUPDATE ..TINGGAL KLIK SALAH SATU AJA YA SOB...

BRA PALING UNIK DI DUNIA
FOTO - FOTO KEJADIAN LUCU
KOLEKSI FOTO HOT LUNA MAYA GA PORNO
FOTO PESAWAT TERCEPAT DI DUNIA
ARTIKEL CARA2 MENINGKATKAN LIBIDO

ARTIKEL HACKER CANTIK DUNIA
CIRI CIRI CEWEK KALO MAU ML
FOTO FOTO KOTA ANTIK DI DUNIA
CARA AGAR WANITA CEPAT ORGASME
ARTIKEL BAHAN HERBAL PEMBANGKIT LIBIDO

CARA BERCIUMAN YANG BENAR
10 KEBIASAN PRIA YANG DIBENCI WANITA
FOTO FOTO ARTIS CANTIK HOLYWOOD
CARA AGAR WANITA CEPAT MINTA KAWIN
RAHASIA WANITA CEPAT INGIN ML

TRIMA KASIH AGAN... SALAM SUKSES AJA BUAT AGAN BLOG YA.....


---------->>>> TRIMS YA.....

Bangil Network said...

Mantap artikelnya gan... Kebetulan lagi pelihara anemon juga ...

http://opinindo.com

Opinindo said...

Artikel tentang terumbunya ditambahin dong gan ...




PORTAL BERITA PALING UPDATE

ALL OF ABOUT LINUX MINI

Firosma Parker said...

malam gan, artikel nya bagus untuk newbie seperti saya, saya mau tanya kira2 jenis anemon apa saja ya yang bisa bertahan di suhu 29-30 derajat celcius ?

tiyo said...

Bagaimana supaya Anemon tidak blecing dan lama 2 mengecil ya?

tiyo said...

Bagaimana supaya Anemon tidak blecing dan lama 2 mengecil ya?